The Magazine

Facebook

Laporkan Penyalahgunaan

Tags

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

Latest in Tech

Popular Posts

Yuk Pelajari ! Kebudayaan Tanah Air Yang Harus Dijaga Bersama

Sobat Informasi dan Inspirasiku

 
Halo sobat semua. Saya hadir lagi dengan pembahasan istimewa dihari Kamis, tanggal 1 Oktober 2020
Hari Kesaktian Pancasila. 

Yah bener sekali,tepat hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Pancasila adalah Dasar Negara yang harus kita jaga bersama.



Ilustrasi gambar : Garuda Pancasila yang diselipi gambar 
alat musik Tradisinional khas Indonesia.

Sobat semua.
Artikel kali ini saya ingin menyampaikan apa yang saya rasakan sekarang ini,tentang generasi muda kita tentang calon penerus masa depan bangsa kita, tak bisa disalahkan memang perkembangan jaman dan teknologi yang sangat cepat membuat kita dalam memperoleh informasi dan hal hal baru yang ada di negeri sendiri maupun di dunia. 

Begitu juga kebudayaan, kita bisa dengan cepat mencari tau tentang budaya negara lain di dunia, sobat semua. Kamu penikmat lagu K-pop Korea, atau Anime dan lagu lagu Jepang?

Sama saya juga suka. 

Namun, akhir-akhir ini saya merasa timbul keperihatinan dikalangan muda kita.sebentar, saya juga masih cukup muda ya sobat. Saya lahir di tahun 90an yah sobat. Masih cukup muda selisih umurnya kan untuk sobat yang lahir di tahun 2000an. 

Yang saya sebut anak muda ini, anak-anak kelahiran tahun 2000an. Dan sebagian lagi saya khususkan untuk penggemar budaya asing. Di umur berapapun sobat semua.

       Gambar: Sketsa Gambar Kebudayaan Indonesia


Atikel ini tak ada maksud untuk menyudutkan dan tak ada niat sedikitpun menyalahkan anak-anak muda di Indonesia, saya membuat artikel ini karena mewakili perasaan peduli terhadap Budaya Bangsa kita sendiri.
Saat sekarang ini, sedikit sekali generasi yang belajar tentang budaya daerah masing masing. Saya mewakili anak muda juga,kalau sekarang ini kita dibuat takjub dan kagum dengan budaya luar negeri.

Budaya K-pop contohnya, wah langsung kebayang ya? 
Ganteng,cantik dan lucu nya personel BTS, EXO,Blackpink ? 
Memang mereka ganteng dan cantik siapapun yang melihat personel K-pop ini pasti bilang demikian.
Taukah kamu?
Anak Muda Indonesia Salah satu penggemar  K-pop terbesar didunia bahkan, Korea Selatan sendiri kalah jumlah penggemarnya dibanding kita. 
Terus, gimana harusnya dong? 


             
             Gambar: Tarian Reog asal Ponorogo

Kalau saya boleh kasih saran buat adik adikku, berkacalah pada orang Korea itu sendiri, loh kok gitu? 

Ya, orang korea sangat menghargai budaya mereka sendiri, seperti contoh Presiden Korea dimana pun beliau jadi pembicara selalu memakai Bahasa Korea, didalam negeri maupun di luar negeri keren kan. Kok, bisa sih seperti itu?
karena mereka sadar Budaya adalah jati diri bangsanya. Mereka sangat mencintai budaya mereka mulai dari budaya tradisional,makanan,pakaian adat dan musik k-pop.

Lalu, apa yang semestinya kita lakukan?


               Gambar : Tarian dari Bali


                    Gambar: Seni Tari dari Daerah Papua

Kita harus tiru mereka! 
Harusnya kita contoh orang Korea dalam melestarikan budayanya.


Saya memang bukan Budayawan, saya mungkin tak begitu mengerti soal budaya.

artikel ini saya sengaja saya buat di Hari Kesaktian Pancasila ini untuk membangun rasa cinta saya pribadi khususnya dan sobat semua pada umumnya yang membaca. 

Suka terhadap sesuatu boleh saja. Tapi jangan lupakan apa yang menjadi kepunyaan kita.

Jangan lupakan Jati Diri bangsa kita.
Kalau seandainya semua anak muda lebih fanatik dan mengagumi budaya orang lain, dan tak ada yang mampu melestarikan budayanya sendiri, lalu.
Apa iya mau kita biarkan budaya kita hilang begitu saja dimakan jaman.


Gambar : Orang Jawa memakai Baju adat dan Keris


          Gambar : Kesenian Adat Dari daerah Bali

Mudah-mudahan.
Saya berharap artikel ini mampu membangkitkan lagi semangat cinta kita terhadap budaya kita sendiri, jangan pernah biarkan bangsa ini kehilangan Jati Dirinya.
Semoga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju dan juga Bermartabat. 
Bangsa yang maju dengan segala kebudayaan yang selalu lestari didalamnya.

Aamiin.
Terimakasih telah membaca artikel ini, buat yang mau kritik dan saran membangun bisa dikolom komentar sampai jumpa lagi sobat semua.







 


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar